Aku dan Kebingungan

Sebenarnya bingung mau mulai nulis ini darimana. Bahkan sesuai banget sama judulnya, mau nulis aja bingung. Sejak dulu kayaknya aku selalu akrab sama kebingungan. Waktu kecil bingung mau beli boneka dulu atau mainan dulu karena uangnya cuma cukup buat beli salah satu. Bingung mikirin kok temen-temen aku tiap liburan pergi jalan-jalan sama keluarga tapi aku nggak. Bingung karena sering diundang ke ulang tahun temen, tapi kok aku gak pernah ngundang temen-temen aku ke ulang tahunku.

Semakin waktu berjalan, kebingungan-kebingunganku banyak yang terjawab tapi banyak juga yang nggak. Semakin waktu berjalan juga, semakin banyak kebingungan baru di kepalaku. Aku mau lanjut sekolah dimana ya? Mau ambil tawaran kelas ini atau nggak usah ya? Kalo aku ambil nanti aku bisa jalanin gak ya? Nanti abis lulus aku masuk SMA dimana ya enaknya? Dan banyak kebingungan masa sekolah lainnya. Setelah lulus sekolah pun, kebingunganku makin banyak. Aku mau lanjut kuliah dimana ya? Ambil jurusan apa? Aku mau kerja dimana nanti? Mau jadi apa? Sebagian besar kebingungan masa sekolahku itu bisa terjawab dengan bantuan orang yang paling aku percaya di dunia ini yaitu bapakku. Aku memandang bapakku sebagai orang yang tau banyak hal, bisa menyelesaikan banyak masalah termasuk masalah-masalahku, orang yang bisa menjawab kebingungan-kebingunganku.

Mungkin di sana letak kesalahanku. Sangat menggantungkan hidup dan tujuan hidupku ke bapak. Jadi waktu bapak nggak ada lagi, semua jalan rasanya buntu dan aku gak tau harus jalan kemana. Aku dari dulu bingung banget sama tujuan hidupku, jadi aku bikin tujuan hidup untuk bisa bahagiain bapakku. Untuk bisa bawa beliau ke tempat-tempat yang beliau pingin kunjungi tapi gak dilakuin karena harus nabung dan berhemat demi aku dan adikku. Untuk bisa beliin beliau makanan-makanan yang belum pernah beliau makan walaupun beliau sangat pingin. Untuk bisa beliin beliau barang-barang yang beliau pingin beli. Untuk bisa berterima kasih sama beliau karena selalu membantu jawab kebingungan-kebingunganku. Untuk bisa berterima kasih atas semua pengorbanan beliau.

Setelah bapak gak ada, aku jadi gaktau apa tujuan hidupku. Semakin dipikirin rasanya semakin bingung. Aku merasa hidupku sekarang cuma biar bisa bertahan dari hari ke hari. Cuma terus jalan tanpa aku tau bakalan kemana nanti. Sampe akhirnya aku mulai nyerah dan memilih untuk minta pertolongan. Tapi sepertinya aku ngelakuin kesalahan yang sama lagi, bergantung ke orang yang nolong aku. Berharap orang ini bisa menjawab semua kebingunganku. Padahal harusnya yang bisa nolong dan jawab pertanyaan-pertanyaan di kepalaku ya aku sendiri. Hmm sebenarnya bahkan aku bingung inti dari tulisan ini mau dibawa kemana. Aku cuma pengen menuliskan apa yang lagi aku pikirin dan berbagi ke kalian semua yang baca dan mungkin lagi kebingungan juga bahwa kamu gak sendirian. Hang in there! Gak semua pertanyaan harus ada jawabannya, dan semoga semua pertanyaan yang perlu terjawab akan terjawab pada waktunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu itu untuk dimengerti, bukan untuk dikompetisikan

A Letter to All My Beloved Friends yang di Bali maupun di Jogja.

Penerimaan : Bentuk Awal dari Self Loving